Selasa, 08 Maret 2011

DARI KASKUS GAN PTN 2012

Tips Tips dan Trik sukses ujian PTN
gan, gue ngebuat thread ini bukan karena gue ingin sombong atau membanggakan diri atau apapun. tapi karena gue ingin membantu kita semua supaya kita semua sukses bersama, dan masuk UI, ITB atau PTN lainnya. amiin. dan semua hal yang ada di thread ini adalah murni empirik dari diri gue sendiri, jadi lo ga harus ngikutin semua hal yang ada disini, tapi boleh lo ambil aja hal-hal yang menurut lo pas sama diri lo sendiri. secara setiap orang berbeda-beda. ya ga ? hehe.

yang pertama nih. tips tips buat efektifisasi belajar.

1. DETERMINISME

ini hal yang paling penting nih, maksudnya tuh, lo jangan ngebuat banyak target atau jurusan yang mau lo masukkin. tapi, ambil satu atau dua jurusan aja yang BENER-BENER pengen lo masukkin. terus, fokus deh ke jurusan yang mau lo ambil. anggep bahwa pilihan lo tuh cuma jurusan itu atau lo ga bakal kuliah taun ini. jadi dengan sendirinya diri lo tuh termotivasi buat belajar parah supaya lo bisa diterima disitu.

2. BELAJAR MAKSIMAL

nah, singkatnya, pelajarin aja pelajaran-pelajaran yang lo suka, dan lo udah bisa, daripada lo belajar pelajaran yang lo belom bisa sama sekali dari nol lagi.

contoh :

gue milih tiga pelajaran yang gue bisa atau gue suka buat dipelajarin.
1.bahasa inggris
2.matematika
3.biologi

nah sisanya yang gue ga bisa
1.fisika
2.bahasa indonesia
3.kimia

nah, dari pelajaran-pelajaran itu, pelajaran yang gue suka (bahasa inggris, matematika, sama biologi) gue pelajarin 70 % dari jumlah waktu gue belajar, nah sisanya cuma 30 %

loh ? ko gitu sih ? ah sesat nih ajaran lo ! nanti kalo pelajaran yang gue ga bisa minus gimana ?

wah, ga gitu maksud gue. tapi, UMB kan tinggal tanggal 22 Mei noh, sekarang begini.

lo akan dapet lebih banyak kalo lo MENYEMPURNAKAN hal yang udah lo bisa,
daripada,
keteter-teter ngejar pelajaran yang lo ga bisa.

dan bukan berarti juga lo ninggalin pelajaran-pelajarn yang lo ga bisa. tapi kaya gue bilang tadi, pelajarin aja 30 % dari waktu lo belajar, ya seenggaknya sampe ga dapet minus lah. gituu.

3. BELAJAR TO THE CORE

ini nih yang paling susah buat dilakuin. belajar sesuatu sampe ke konsep-konsep dasar atau ke inti-inti terkecilnya, sampe kalau soal apapun yang mungkin keluar dari pelajaran itu bisa lo jawab. inget bahwa 'ga ada orang yang lebih pinter dari orang lain, yang ada cuma orang yang lebih banyak tahu dari orang lain.'

nah caranya tuh :
a. jangan belajar dari satu buku doang. pinjem buku-buku dari temen-temen lo yang bimbel di tempat yang berbeda.
(buat latihan soal tuh pake buku NF, kalo modul terbaik tuh modulnya Prosus Inten)
b. jangan telen mentah mentah apa yang lo baca dari buku, atau diajarin guru lo. lo kunyah dulu noh di otak lo, lo masak mateng-mateng apakah hal itu masuk ke akal lo ? kenapa hal itu bisa begitu ? bagaimana kronologinya kenapa sampe konsep-konsep itu tuh bisa ada?

terus, kalo lo udah nguasain setiap sub bab dari bab dari pelajaran yang pelajarin sampe ke inti-inti atomnya, soal apapun yang mau dikeluarin sama si pembuat-pembuat soal yang ga punya hati juga pasti bakal bisa lo jawab.


nah yang ini nih tips-tips supaya mempermudah lo belajar.

1. GA USAH SOK RAJIN

maksudnya tuh, belajar sebisa lo aja, belajar selama yang lo mampu, tapi ga usah maksa maksa otak lo atau badan lo yang udah capek buat tetep nemenin lo belajar, percuma guys. ga bakal masuk juga ke otak lo. jadi daripada lo maksa maksa, kalo lo udah cape tuh istirahat aja dulu sebentar sampe fresh, baru deh terusin lagi.

man jadda wajada
siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses.

yang terpenting bukan seberapa banyak atau seberapa berat usaha yang kita lakukan gan, tetapi seberapa efisienkah setiap usaha yang kita lakukan.

2.BELAJAR SAMBIL NGEMIL YANG MANIS-MANIS

ah gila lo gan ! nanti gue gendut lo mau tanggung jawab nyedotin lemak gue ?! sesat mulu kan ajaran lo. ckckck.

hahaha, begini loh.

fakta mengatakan bahwa aktivitas otak itu juga menguras energi lo sama kayak aktivitas fisik, jadi selama belajar tuh lebih baik kalo lo sambil ngemil. GUE JAMIN, lo bakalan tetep jadi kurus bukannya jadi gendut, asalkan belajarnya sama ngemilnya di barengin, jangan belajarnya setengah jam ngemilnya seharian. oke ?
selain itu, dengan ngemil yang manis manis asupan gula ke tubuh jadi banyak dan hal itu menjaga tubuh dari kekurangan tenaga dan jadi NGANTUK. itu kan masalah terbesar yang selama ini mengganggu lo belajar ?? haha. makanya ngemil lah, biskuit kek gitu atau choki-choki. gitu gan.
CMIIW yah, info ini gue dapet di lounge

3.DON'T MIND OF DOING WHAT YOU WANT TO DO AND NOT DOING WHAT YOU DON'T WANT TO DO.

maksudnya, kalo lo belajar mulu kan seteres noh, nah sebagai penyeimbangnya, lo kerjain deh noh hal-hal yang lo suka.
contoh kalo lo suka karaokean, karaokean deh tuh yang banyak sampe lo suara lo abis, atau kalo lo suka nongkrong, nongkrong aja ga usah terbebani dengan pelajaran-pelajaran yang menghantui lo. atau kalo lo suka tidur ? tidur deh yang banyak sampe pacar lo marah gara-gara ga lo sms seharian. (curcol nih.haha)
nah, dengan begitu kan suasana hati lo bakal selalu senang riang dan gembira tuh, terus lo jadi enjoy deh belajar. gituu.
tapi inget tujuan utama lo tuh supaya lo jadi enjoy buat belajar, jangan malah tenggelam di rutinitas yang tadi. oke ?

nah, tips tips yang terakhir nih. tips tips buat MEMANIPULASI takdir.

wuih, bohong lo gan, gila emang lo tuhan apa ?

weits, enggak gitu co, ga maksud gue buat mendahului takdir tuhan, tapi baca aja dulu deh. susah ngejelasinnya,

1. MIMPI

nah, caranya tuh gini, kan terkadang kalo kita pengen sama sesuatu terus udah usaha, eh tiba-tiba pas kita liat, kita malah dapetnya kurang dari apa yang kita tergetin. nah jadi, bikinlah target yang lebih tinggi dari target kita sesungguhnya. so, se sial-sialnya kita kita bakal dapet target kita yang awal. nahh. ngerti ga ?? kaga ?? hahhh. yaudah, kita ambil contoh seseorang.

contohlah kita ambil seseorang mau ngambil jurusan yang passing grade nya 500an, nah terus, jangan bikin target yang 500. bikin target yang 750 gitu nah lo belajar deh seakan-akan jurusan yang lo mau tuh pass grade nya 750, jadi se sial-sialnya elo. lo tetep bisa dapet jurusan yang pass gradenya 500. gitu.. ye ga ? hehe.

2. DON'T BE YOURSELF

wah ? ko gitu gan ? sesat lagi kan ajaran lo ? ahh, udah ah gue ga mau baca lagi. sampah lo.

eh eh, baca dulu gan, baru comment.

nahh, gini neh kita ambil contoh lagi.

ada nih satu orang, namanya biasawan. nah dia tuh nyadar juga kalo dirinya tuh seorang yang biasa-biasa aja, prestasinya biasa-biasa aja, semuanyaaaa biasa-biasa aja. nah suatu waktu, dia udah pengen belajar buat jadi luarbiasawan. tapi temennya ngasih tau motto "BE YOURSELF". nah sekarang coba bayangin apa yang terjadi sama si biasawan. dia tetep aja jadi dirinya yang biasa, biasa dan biasa. nahh, sekarang tergantung lo mau jadi yang gimana ? biasawan apa luarbiasawan ?? gituu.

motto yang seharusnya tuh bukannya BE YOURSELF.
tapi BE WHAT YOU WANT TO BE.
begono noh coo.
haha.

hahhh, akhirnya sampe juga ke tips yang terakhir. nah tips yang terkhir ini nih, tips KHUSUS BUAT MUSLIM.

p.s. tips ini original buatan gue sendiri, berkat wejangan dan saran dari orang tua gw sih , gue percaya sama tips ini, jadi misalkan lo ga percaya atau pas lo nanya ke ustad lo dia bilang itu bid'ah, ya udah ga usah diikutin.

ih tipsnya.

sebelum ini nih, setiap pengen gue mulai tes, pas masih di rumah, atau pas detik2 menjelang tes dimulai. gw baca surat
1. al-fatihah 1x
2. al-ikhlas 3x
3. ayat kursi 3x
4. al-insyirah 3x

nah buat apa tuh gan ?

gini nih sejarahnya.
1. baca al ikhlas tiga kali tuh pahalanya sama kaya ngehatamin satu al-qur'an. cmiiw
2. baca ayat kursi tuh buat ngebersihin hati lo dari hal-hal negatif yang berbau satanik. haha.
3. baca al insyirah tuh agar di berikan kemudahan dalam mengerjakan tes
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,


nah, sekian nih tips-tips dari gue gan, mohon maaf dan maklum kalo ada hal-hal yang aneh, ga penting, atau salah. semoga thread ini berguna bagi kita semua dan kita semua jadi orang sukses dan diterima di PTN yg dinginkan. amiinnn !!!

2 komentar:

jangan lupa comment gan thank's